Gaya Hidup - Kesehatan

Oleh-Oleh Khas Tangerang Untuk Dibawa Pulang

Oleh-Oleh Khas Tangerang Untuk Dibawa Pulang
Share:

Apa oleh-oleh khas Tangerang? Tidak banyak orang yang tahu bahwa Tangerang memiliki makanan khas yang dapat dijadikan oleh-oleh. Jika Anda sedang berkunjung ke kota ini, berikut adalah oleh-oleh khas Tangerang yang dapat dijadikan buah tangan untuk dibawa pulang ke kota asal.

Sate Bandeng

Oleh-oleh khas Tangerang yang pertama adalah sate bandeng. Berbeda dari sate pada umumnya yang terbuat dari daging ayam, kambing, atau sapi, makanan khas Banten ini terbuat dari ikan bandeng. Tekstur ikan bandeng yang lembut dan gurih dibumbui dengan cita rasa yang pedas dan kaya rempah.

Sayangnya, sate bandeng ini tidak bertahan lama di suhu ruangan. Tanyakan pada penjual berapa lama sate bandeng bertahan, serta disarankan untuk membelinya di hari terakhir Anda di Tangerang sebelum kembali ke kampung halaman.

Dodol Ny. Lauw

Walaupun beberapa daerah di Indonesia memiliki dodol khasnya masing-masing, dodol Ny. Lauw dari Tangerang ini berbeda dari dodol lainnya. Tersedia di berbagai toko oleh-oleh khas Tangerang, kekhasan Kota Tangerang ini hadir dalam berbagai macam rasa, termasuk rasa wijen dan rasa durian. Jangan lupa untuk membeli rasa originalnya, ya.

Bontot

Makanan khas Tangerang selanjutnya yang dapat dijadikan oleh-oleh adalah bontot. Makanan khas ini memang terlihat seperti pempek dari Palembang. Namun, alih-alih terbuat dari ikan tenggiri, bontot terbuat dari ikan bandeng giling yang dicampur dengan tepung tapioka dan terasi, dan digoreng hingga matang.

Karena penggunaan tepung tapioka, tekstur bontot kenyal seperti cireng. Dengan harga yang terjangkau, Anda dapat membeli bontot di toko oleh-oleh atau pasar tradisional di Tangerang.

Bolu Tape Benteng

Seperti namanya, bolu ini terbuat dari tape sebagai bahan utamanya. Bolu tape benteng hanya diproduksi di Tangerang saja, sehingga sangat cocok untuk dijadikan buah tangan. Camilan khas Tangerang ini memiliki rasa yang manis dan tekstur yang lembut. Saat membukanya, Anda akan mencium bau tape yang cukup kuat. Untuk penyuka tape, tentunya oleh-oleh satu ini tidak boleh dilewatkan.

Ceplis

Ceplis adalah camilan khas Tangerang yang terbuat dari melinjo sebagai bahan dasarnya. Berbeda dari emping, ceplis lebih tipis sehingga lebih renyah. Camilan ini tersedia dalam bentuk siap makan dan juga mentah. Kebanyakan ceplis bercita rasa gurih, namun ada juga yang pedas.

Tas Baduy

Jika Anda lebih memilih barang daripada makanan untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh, Anda dapat mempertimbangkan membeli tas khas Baduy. Ini adalah tas tradisional yang sampai sekarang masih dipakai oleh penduduk suku Baduy. Tas ini dibuat dengan teknik anyaman dan hadir dalam berbagai macam warna, ukuran, dan desain. Jika mencari oleh-oleh khas Tangerang yang unik, tas Baduy ini dapat menjadi pilihan. 

0 Komentar

Kirim Komentar

Silahkan input nama anda.
Silahkan input alamat email anda yang valid
Silahkan input komentar anda
Top